Membuat Hidup Lebih Mudah

Ada banyak hal yang dapat disarankan untuk membantu orang  dengan low vision memanfaatkan penglihatan mereka sebaik-baiknya. Apakah mereka dapat memperoleh manfaat dari penggunaan alat bantu pembesaran atau tidak. Jika kita bekerja di komunitas atau di tingkat layanan primer, ingatlah bahwa modifikasi lingkungan tidak boleh menjadi pengganti rujukan: selalu rujuk seseorang yang mengalami low vision melakukan pemeriksaan mata, refraksi,  atau ke layanan low vision jika memungkinkan. Jika anda bekerja di tingkat distrik / sekunder atau tersier, rujuk pasien anda untuk melakukan rehabilitasi penglihatan

Saran yang diberikan di sini adalah titik awal yang baik, tetapi beberapa orang mungkin memerlukan dukungan dan pelatihan lebih lanjut untuk mengoptimalkan penglihatan mereka.

Cara memodifikasi lingkungan adalah dengan memikirkan:

  • Membuat tulisan atau gambar lebih besar atau ditebalkan
  • Menggunakan warna dan kontras
  • Meningkatkan pencahayaan, menggunakan garis, dan mencoba memperbaiki posisi akan apa-apa yang ingin dilihat.

Mendekatkan sesuatu ke mata, akan membuatnya tampak lebih besar. Ini terutama membantu kaum remaja dan anak-anak yang memiliki akomodasi yang sangat baik. Orang-orang (termasuk anak-anak) yang telah menjalani operasi katarak dan mereka yang menderita presbiopia akan memerlukan lensa dekat (lensa plus) untuk memfokuskan sesuatu jika mereka mendekatkannya.

Gunakan spidol untuk menulis pesan yang lebih tebal, dan tulis dengan huruf yang lebih besar dari biasanya (Gambar 1). Tetap singkat dan sederhana! Letakkan di tempat yang terlihat dan tulis di selembar kertas cerah jika Anda ingin menarik perhatian orang tersebut. Memperbesar dengan mesin fotokopi dan di komputer juga merupakan cara mendapatkan hasil cetakan dan gambar  lebih besar sehingga lebih mudah dilihat oleh orang dengan low vision.

Warna dan kontras

Warna, dapat digunakan dalam banyak cara untuk membantu seseorang di rumah mereka. contoh:

  • Menggunakan piring berwarna cerah (Gambar 2)
  • Menempelkan pita merah di sekitar sakelar lampu
  • Menggunakan cat atau cat kuku merah untuk member bintik-bintik merah tombol “mati” pada kompor gas
  • Meletakkan sepatu di atas alas berwarna cerah untuk membedakannya dari  sepatu anggota keluarga lainnya
  • Menandai botol obat yang akan diminum pagi hari dengan lingkaran kuning besar (melambangkan mata hari terbit) dan botol malam dengan lingkaran hitam besar (melambangkan malam).

Kontras, membuat segala sesuatu lebih mudah  dilihat. Misalnya, menulis dengan pena hitam di atas kertas putih lebih mudah dibaca dari pada memakai pensil. Sebenarnya, tulisan putih pada latar belakang hitam memberikan kontras terbaik karena lebih mudah dibaca, tetapi ini biasanya  hanya dapat dibuat di layar komputer (Gambar 3).

Pencahayaan, garis, dan memperbaiki posisi

Pencahayaan mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kontras, jadi jika seseorang ingin membaca, pastikan cukup penerangan pada halaman bacaannya

Idealnya, cahaya harus bersinar langsung ke halaman bacaan, tetapi tidak menyilaukan mata. Penting memperhatikan pencahayaan yang baik di area rumah yang lebih gelap menghindari kegugupan, misalnya, naik turun  tangga atau pergi ke toilet di luar rumah.

Pada waktu makan, orang yang mengalami Low Vision dapat duduk di dekat jendela atau pintu sehingga mereka biasa melihat  dengan jelas apa yang dimakan dan tahu ketika makannya sudah habis.

Garis.

Banyak orang yang mengalami low vision merasa sulit untuk mengikuti garis pada baris teks yang dibacanya: mereka mungkin  tidak dapat melihat kata-kata dengan mudah, sulit untuk mengetahui ketika mereka telah sampai di akhir baris teks, dan kesulitan menemukan awal baris berikutnya.

Menutup baris bagian atas dan bawah dari baris yang sedang dibaca, misalnya menggunakan typoscope atau celah baca, membuat baris cetakan yang terlihat lebih mudah dibaca. Sebuah typoscope atau celah baca dapat dibuat dari karton hitam dengan potongan persegi panjang.

Garis dapat membantu mobilitas dan keamanan. Misalnya, cat di tepi tangga dengan warna kontras, atau cat putih di atas batu yang menandai jalan menuju rumah tetangga.

Memperbaiki posisi.

(Gambar 4) Papan baca atau penyangga buku yang dapat dilipat dan dibuat secara lokal, mendekatkan halaman bacaan ke mata sehingga membaca  tidak terlalu melelahkan, terutama jika kaca pembesar digunakan.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *